SEARCH TOURISM

Pesona Tangkuban Perahu

>> Thursday, November 1, 2007

SEBAGAI salah satu gunung api di Jawa Barat, Gunung Tangkuban Perahu sudah sangat dikenal dan melegenda. Letaknya sekitar 30 kilometer di sebelah utara Kota Bandung, dengan ketinggian 2.084 meter dari permukaan laut. Gunung tersebut identik dengan legenda tanah Sunda yang terkenal, yaitu Sangkuriang. Konon, bentuk gunung yang seperti trapesium terpancung tersebut merupakan perwujudan dari perahu terbalik yang ditendang Sangkuriang. Legenda itu erat kaitannya dengan nama Tangkuban Perahu.
Gunung berapi aktif tersebut sekarang memang masih "tidur". Namun, dalam waktu lebih dari seabad gunung tersebut beberapa kali meletus. Akibatnya, di kawasan puncak terdapat sembilan kawah yang rata-rata masih aktif mengeluarkan asap belerang.
Kawah terbesar yang berada di puncaknya adalah Kawah Ratu. Panorama alam di sekitar kawah ini sangat mengagumkan sehingga menarik minat orang untuk menikmatinya. Jadilah Gunung Tangkuban Perahu dengan keindahan alamnya sebagai tujuan wisata banyak orang.
Pesona Tangkuban Perahu yang mampu menarik wisatawan ribuan orang juga menarik minat ribuan warga untuk mengais rezeki di kawasan itu. Kini, tempat wisata andalan di tanah Sunda tersebut selalu ramai dipadati wisatawan dan mereka yang mencari sumber kehidupan di sana.


KOMPAS/IWAN SETIYAWAN
Kenangan - Panorama kawah yang indah menarik minat pengunjung untuk menjadikannya latar belakang saat berfoto sebagai kenang-kenangan.





KOMPAS/IWAN SETIYAWAN
Pasar Cenderamata - Puluhan kios yang menjual berbagai macam cenderamata berdiri di area sekitar kawah. Sebagai daerah tujuan wisata, kawasan ini mampu memberikan penghidupan bagi ratusan hingga ribuan warga setempat.


KOMPAS/IWAN SETIYAWAN
Angklung - Alat musik tradisional ini dapat dibeli sebagai oleh-oleh khas dari tanah Sunda.


KOMPAS/IWAN SETIYAWAN
Obat Sakit Kulit - Belerang yang berasal dari kawah gunung di jual bebas dalam bentuk serbuk atau bongkahan. Belerang ini diyakini bisa menjadi obat sakit kulit.
KOMPAS/IWAN SETIYAWAN
Batas - Dinding kawah yang kering dan gersang bertolak belakang dengan punggungan salah satu puncak yang hijau penuh tumbuhan.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN
Dari Batu - Seorang pedagang tengah menanti pembeli dagangan aksesorinya yang terbuat dari batu alam.
Sumber: Kompas, Minggu, 15 Juni, 2003

0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP